Posted by : Unknown Selasa, 24 November 2015

Ilmuwan temukan galaksi terjauh, hampir setua alam semesta

Ahli astronomi dari Caltech baru saja menemukan galaksi terjauh di alam semesta. Yang mencengangkan, galaksi bernama EGS8p7 itu lahir hampir bersamaan dengan alam semesta.
Diberi titel galaksi terjauh, EGS8p7 terletak sekitar 13,2 miliar tahun cahaya dari Bumi. Galaksi ini juga terlihat bersinar cerah meskipun letaknya sangat jauh. Menurut ilmuwan Caltech, hal itu akibat dari banyaknya bintang super panas di sana.
"Galaksi EGS8p7 yang sedang kami amati sangat cerah, itu mungkin disebabkan oleh populasi bintang super panas," kata Adi Zitrin, ilmuwan NASA, Daily Mail (08/09).
Ilmuwan juga menambahkan bila umur galaksi EGS8p7 tidak beda jauh dari umur alam semesta, 'hanya' 600.000 juta tahun. Galaksi EGS8p7 berumur 13,2 miliar tahun, sementara alam semesta 13,8 miliar tahun.
Penemuan galaksi EGS8p7 sekaligus membuka pintu gerbang untuk mengungkap misteri bagaimana sebuah galaksi terbentuk saat alam semesta masih sangat muda.

"Saat ini kami tengah memperhitungkan kemungkinan terbaik untuk menemukan lokasi tepat galaksi ini, mengamati benda-benda yang dikeluarkannya, dan banyak hal lain yang bisa membantu mengungkap evolusi dari alam semesta," lanjut Zitrin.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Astronomy World - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -